TUGAS UTS TAKE HOME
LAB. AKUTANSI & MANAJEMEN FOOD AND BEVERAGES
![logo_unair.gif](file:///C:/Users/hp/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.gif)
Nama Kelompok :
Akbar
Bani Ramadhan 041106017
Finsa Ismanurrahim 041106022
Ilham Akbar 041106023
Angga f
pradana 041006035
Mahatryatma
F 041006032
D3 MANAJEMEN PERHOTELAN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA
Soal
1. Food and Beverages Management
1.
Apa peran pembelian,produksi dan presentasi dalam proses pengendalian operasional perusahaan makanan dan minuman ?
Jawab :
Tugas atau job desk purchasing officer :
1.
Membuat laporan
pembelian dan pengeluaran barang
2.
Melakukan
pengelolaan pengadaan barang melalui perencanaan secara sistematis dan
terkontrol
3. Melakukan
pemilihan atau seleksi rekanan pengadaan sesuai kriterian perusahaan.-
4. Memastikan
kesedian barang/material melalui mekanisme audit atau control stock dll
5. Bekerjasama
dengan departemen terkait untuk memastikan kelancaran operasional perusahaan
Tugas
production :
- Bertanggung
jawab atas kegiatan produksi perusahaan
- Bertanggung
jawab atas operasional mesin-mesin dan peralatan pada setiap lini
produksi.
- Bertanggung
jawab atas pelaksanaan start up dan shut down produksi secara efisien
- Mengawasi
serta memastikan ketepatan dan efisiensi dalam penggunaan bahan baku
- Memastikan
pembuatan laporan harian
- Menganalisa
laporan harian yang dibuat oleh bagian Operator
- Memastikan
produk hasil produksi telah sesuai dengan standard perusahaan
- Memberikan
laporan secara rutin mengenai performance dan output dari setiap shift
kerja
- Mengawasi dan memastikan bahwa setiap lini area
telah sesuai dengan standar perusahaan
- Merencanakan
pelaksanaan maintenance mechanic dan electric
- Mengawasi
pelaksanaan maintenance mechanic dan electric
- Memastikan
kompetensi yang dimiliki oleh setiap tim telah sesuai dengan yang telah
dipersyaratkan
- Memastikan
setiap tim bekerja sesuai dengan prosedur dan tata tertib yang berlaku di
perusahaan
- Memonitor
dan menganalisa peluang untuk mrnciptakan pengembangan
- Membuat
perencanaan aktivitas untuk perbaikan dan pelaksanaan pengembangan
- Mengawasi
kinerja para bawahan
Fungsi dan peran pembelian produksi dan presentasi dalam proses
pengendalian makanan sendiri adalah untuk dapat mengontrol bahan makanan yang
ada agar tidak terjadi keterlambatan dalam proses produksi makanan dan minuman
sehingga tidak terjadi hal yang dapat mengecewakan konsumen dan juga agar harga
pokok makanan dan minuman sesuai dengan sasaran yg di tentukan.
2. Mengidentifikasi daerah pengendalian operasional yang dibahas dalam bab ini dan berikan definisi
singkat dari masing-masing
?
Jawab :
·
Identifikasi daerah pengendalian
operasional
Aspek penting
|
Pengelolaan
|
Parameter
|
Status operasional
|
Debu
di ruangan
|
Dust
collector
|
-
Tekanan diferensial dust collector
- Kandungan debu di dalam ruangan (mg/m3)
|
-
di atas baku mutu
-
karyawan tidak mengenakan masker
|
Buangan limbah cair dari produksi
|
IPAL
|
Kualitas
efluen: BOD, COD, TSS, dan warna
|
BOD,
COD TSS, dan warna sudah di bawah baku mutu
|
- PH
di flash mixing
- DO
di aeration tank
- MLSS
in clarifier
|
|||
Emisi
limbah gas
|
Scrubber
|
-Konsentrasi
emisi HCl
|
Dibawah
baku mutu
|
-Tekanan
Scrubber
|
500
lt/min< 1 atm
|
3. Bahas pentingnya kontrol kartu resep untuk makanan dan minuman. Fungsi apa yang mereka layani dalam proses produksi ?
Jawab
: perencanaan merupakan salah
satu fungsi manajemen.dalam konteks pengendalian harga pokok makanan tahap di
lakukan dengan menentukan ukuran bahan baku sebagai patokan untuk mencapai
sasaran, ukuran yang d tentukan resep baku, takaran baku, spesifikasi baku,dan
harga pokok makanan hal tersebutlah yang terpenting dalam kontrol kartu resep.
4. Bagaimana lembar produksi
berkontribusi terhadap pengendalian operasional di dapur? informasi apa yang formulir ini berkomunikasi
dengan pembelian ?
Jawab : untuk mengetahui bahan apasaja yang di butuhkan oleh
kitchen tentunya ada kordinasi sendiri antara kitchen dengan cost control dan
purchasing sehingga bahan yang di butuhkan akan segera di pesankan oleh
purchasing, melalui purchase request yang di buat oleh cheff makan bahan mentah
yang di butuhkan di dapur akan segera di buatkan purchase order oleh purchasing
untuk mendatangkan bahan yang di butuhkan. Sehingga pengendalian operasional di
dapur akan berjalan lancar
5. Proses sales mix membantu menentukan analisis apa yang sedang berlangsung di bidang pengendalian operasional ?
5. Proses sales mix membantu menentukan analisis apa yang sedang berlangsung di bidang pengendalian operasional ?
Jawab : untuk
mengetahui bahan apasaja yang di butuhkan oleh kitchen tentunya ada kordinasi
sendiri antara kitchen dengan cost control dan purchasing sehingga bahan yang
di butuhkan akan segera di pesankan oleh purchasing, melalui purchase request
yang di buat oleh cheff makan bahan mentah yang di butuhkan di dapur akan
segera di buatkan purchase order oleh purchasing untuk mendatangkan bahan yang
di butuhkan. Sehingga pengendalian operasional di dapur akan berjalan lancar
Soal 2. Accounting cycles
Mempelajari transaksi restoran untuk bulan Maret 2004
ditunjukkan di bawah ini, dan mencatat jurnal yang diperlukan, melewatkan garis
antara setiap entri. entri jurnal dan akun buku dimodifikasi T dapat dibuat
dengan mudah di atas kertas bergaris mengikuti contoh yang ditampilkan di
akhiran. untuk lebih menyederhanakan masalah, gunakan judul akun berikut yang
ditunjukkan oleh kategori untuk mempersiapkan rekening T dimodifikasi.
menyeimbangkan rekening administratif. aset: uang tunai, kartu kredit piutang,
piutang, persediaan makanan, persediaan minuman, sewa dibayar di muka, asuransi
dibayar di muka, persediaan, peralatan, dan perabotan. Kewajiban: hutang, wesel
bayar. ekuitas kepemilikan: modal. Penghasilan rekening pernyataan: pendapatan
penjualan, biaya gaji, biaya upah, dan beban bunga.
a.
Pemilik
membuka bisnis account dan menyimpan $65.000 di bank
b.
pemilik
meminjam dan disimpan $20.000 pada catatan yang dibayarkan kepada bank
c. pemilik
dibayar satu tahun sewa di muka di ruang
restoran, $14.400 uang tunai
d. Peralatan
di beli seharga $44.000 - $15.000 dalam
kas dan saldo pada rekening
e.
Perlengkapan
yang di beli $28.400 tunai
f.
Pemilik
membeli $3.000 dari persediaan makanan di akun dan di bayar $4.000 tunai untuk
persediaan minuman
g.
Pemilik
memebeli persediaan $2.650 tunai
h.
Pemilik
membeli $3.800 dari persediaan makanan
i.
Pemilik
di bayar $2.400 untuk kewajiban satu tahun dan kebijakan asuransi kecelakaan
j.
Di bayar upah karyawan $12.800 dan gaji dari $2.400
k.
Pendapatan untuk bulan pertama adalah $32.800 – 92 persen
tunai. 6 prsen pada
kartu kredit dan 2 persen pada piutang.
l.
Pemilik
dibayar $12.000 di akun hutang
m.
Pemilik di bayar $2000 pada catatan payable. Plus bunga sebesar $200
Jawab
:
JURNAL
UMUM
a.
Kas 65.000
Modal 65.000
b.
Utang 20.000
Kas 20.000
c.
Sewa Dibayar
dimuka 14.000
Kas 14.000
d.
Peralatan 44.000
Hutang 29.000
Kas 15.000
e.
Perlengkapan 28.400
Kas 28.400
f.
Persedian
Makanan 3.000
Kas 3.000
Persediaan Minuman 4.000
Kas 4.000
g.
Perlengkapan 2.650
Kas 2.650
h.
Persediaan
makanan 3.800
Kas 3.800
i.
Asuransi
dibayar muka 2.400
Kas 2.400
j.
Beban gaji 15.200
Kas 15.200
k.
Kas 32.800
Pendapatan 32.800
l.
Utang 12.000
Kas 12.000
m.
Hutang 2.000
Interest 2.00
Kas 2.200
Buku Besar
Kas
Debit
|
Kredit
|
65.000
|
20.000
|
14.400
|
|
15.000
|
|
28.400
|
|
7000
|
|
2.650
|
|
2.400
|
|
15.200
|
|
32.800
|
12.000
|
2.200
|
|
97.800
|
119.250
|
21.450
|
Modal
Debit
|
Kredit
|
65.000
|
Utang
Debit
|
Kredit
|
|
20.000
|
29.000
|
|
3.800
|
||
12.000
|
||
2.000
|
||
34.000
|
32.800
|
|
1.200
|
||
Sewa
Debit
|
Kredit
|
14.000
|
Peralatan
Debit
|
Kredit
|
4.400
|
Perlengkapan
Debit
|
Kredit
|
28.400
|
|
2.650
|
|
31.050
|
Persediaan makanan
Debit
|
Kredit
|
3.000
|
|
3.800
|
|
6.800
|
Persediaan Minuman
Debit
|
Kredit
|
4.000
|
Asuransi dibayar dimuka
Debit
|
Kredit
|
2.400
|
Beban
Debit
|
Kredit
|
15.200
|
Pendapatan
Debit
|
Kredit
|
32.800
|
Interest
Debit
|
Kredit
|
200
|
200
|
Neraca Saldo
Debit
|
Kredit
|
|
Kas
|
21.450
|
|
Modal
|
65.000
|
|
Utang
|
1.200
|
|
Sewa
|
14.400
|
|
Peralatan
|
44.000
|
|
Perlengkapan
|
31.050
|
|
Persediaan Makanan
|
6.800
|
|
Persediaan Minuman
|
4.000
|
|
Asuransi
|
2.400
|
|
Pendapatan
|
32.800
|
|
Interest
|
200
|
|
Beban Gaji
|
15.200
|
|
Total
|
119.250
|
119.250
|
Soal
3. Inventory systems F and B
P2.3 Purchases
= Purchases + Tranfers – Return
= 48.798 + 107 – 48
=
48.857
Food
Cost Of Sales ( HPP )
= Food Inventory 1 Aug +
Food Purchases – Food Inventory 31 Aug
= 14.753 + 48.857 – 12.811
= 50.799
P2.4 FIFO
DATE
|
PEMBELIAN
|
PENJUALAN
|
PERSEDIAAN
|
||||||
Q
|
PRICE
|
TOTAL
|
Q
|
PRICE
|
TOTAL
|
Q
|
PRICE
|
TOTAL
|
|
JUNE1
|
3
|
10
|
30
|
||||||
4
|
2
|
10
|
20
|
1
|
10
|
10
|
|||
6
|
8
|
10.5
|
84
|
1
|
10
|
10
|
|||
8
|
10.5
|
84
|
|||||||
9
|
1
|
10
|
10
|
6
|
10.5
|
63
|
|||
2
|
10.5
|
21
|
|||||||
12
|
2
|
10.5
|
21
|
4
|
10.5
|
42
|
|||
15
|
6
|
11
|
66
|
4
|
10.5
|
42
|
|||
6
|
11
|
66
|
|||||||
18
|
2
|
10.5
|
21
|
2
|
10.5
|
21
|
|||
6
|
11
|
66
|
|||||||
20
|
2
|
10.5
|
21
|
5
|
11
|
55
|
|||
1
|
11
|
11
|
|||||||
22
|
6
|
9.5
|
57
|
5
|
11
|
55
|
|||
6
|
9.5
|
57
|
|||||||
25
|
2
|
11
|
22
|
3
|
11
|
33
|
|||
6
|
9.5
|
57
|
|||||||
28
|
3
|
11
|
33
|
6
|
9.5
|
57
|
LIFO
DATE
|
PEMBELIAN
|
PENJUALAN
|
PERSEDIAAN
|
||||||
Q
|
PRICE
|
TOTAL
|
Q
|
PRICE
|
TOTAL
|
Q
|
PRICE
|
TOTAL
|
|
JUNE1
|
3
|
10
|
30
|
||||||
4
|
2
|
10
|
20
|
1
|
10
|
10
|
|||
6
|
8
|
10.5
|
84
|
1
|
10
|
10
|
|||
8
|
10.5
|
84
|
|||||||
9
|
3
|
10.5
|
31.5
|
1
|
10
|
10
|
|||
5
|
10.5
|
52.5
|
|||||||
12
|
2
|
10.5
|
21
|
1
|
10
|
10
|
|||
3
|
10.5
|
31.5
|
|||||||
15
|
6
|
11
|
66
|
1
|
10
|
10
|
|||
3
|
10.5
|
31.5
|
|||||||
6
|
11
|
66
|
|||||||
18
|
2
|
11
|
22
|
1
|
10
|
10
|
|||
3
|
10.5
|
31.5
|
|||||||
4
|
11
|
44
|
|||||||
20
|
3
|
11
|
33
|
1
|
10
|
10
|
|||
3
|
10.5
|
31.5
|
|||||||
1
|
11
|
11
|
|||||||
22
|
6
|
9.5
|
57
|
1
|
10
|
10
|
|||
3
|
10.5
|
31.5
|
|||||||
1
|
11
|
11
|
|||||||
6
|
9.5
|
57
|
|||||||
25
|
2
|
9.5
|
19
|
1
|
10
|
10
|
|||
3
|
10.5
|
31.5
|
|||||||
1
|
11
|
11
|
|||||||
4
|
9.5
|
38
|
|||||||
28
|
3
|
9.5
|
28.5
|
1
|
10
|
10
|
|||
3
|
10.5
|
31.5
|
|||||||
1
|
11
|
11
|
|||||||
1
|
9.5
|
9.5
|
HPP : $72.00
AVERAGE
DATE
|
PEMBELIAN
|
PENJUALAN
|
PERSEDIAAN
|
||||||
Q
|
PRICE
|
TOTAL
|
Q
|
PRICE
|
TOTAL
|
Q
|
PRICE
|
TOTAL
|
|
JUNE 1
|
3
|
10
|
30
|
||||||
4
|
2
|
10
|
20
|
2
|
10
|
20
|
|||
1
|
10
|
10
|
|||||||
6
|
8
|
10.5
|
84
|
1
|
10
|
10
|
|||
8
|
10.5
|
84
|
|||||||
9
|
10.4
|
94
|
|||||||
9
|
3
|
10.4
|
31.2
|
6
|
10.4
|
62.4
|
|||
12
|
2
|
10.4
|
20.8
|
4
|
10.4
|
41.6
|
|||
15
|
6
|
11
|
66
|
10
|
10.76
|
107.6
|
|||
18
|
2
|
10.76
|
21.52
|
8
|
10.76
|
86.08
|
|||
20
|
3
|
10.76
|
32.28
|
5
|
10.76
|
53.8
|
|||
22
|
6
|
9.5
|
57
|
11
|
10.07
|
110.8
|
|||
25
|
2
|
10.07
|
20.14
|
9
|
10.07
|
90.63
|
|||
3
|
10.07
|
30.21
|
6
|
10.07
|
60.42
|
Total
Persediaan Quantity : 6
Price : 10,07
Total : 60.42
Soal 4. Website Analysis
Wendys
Wendy's adalah jaringan restoran dan waralaba makanan internasional yang mengkhususkan dalam hamburger. Perusahaan ini didirikan pada 1969 oleh Dave Thomasdi Dublin, Ohio. Wendy's
sekarang ini merupakan restoran hamburger berantai terbesar ketiga di dunia,
dengan hampir 6.700 restoran, kios pengantaran-ambil ke luar di lebih dari 27
negara.
Dengan adanya penjualan yang besar dan
persaingan yang ketat , Wendy telah mengeluarkan roti besar baru yaitu Dave Hot ' N Juicy burger .
Dengan memperbarui klasik 42 - tahun - lama , sekarang tersedia di lokasi 6.500 Wendy nasional , rantai makanan cepat saji berharap untuk parit citra tentang nya .
Dave Thomas , pendiri Wendy mempunyai beberapa menu yang menjadi andalan restoran cepat saji ini antara lain burger, burger memiliki roti mentega , crinkle -potongan acar dan keju tambahan. Alih-alih bawang putih, sayuran Roti daging sapi tebal dan masih persegi , meskipun desainer burger dianggap mengguncang tradisi Wendy.
Dijuluki " Proyek Emas Hamburger , " upaya pembaruan memainkan ke Wendy Co ' s dorongan lebih besar untuk mengejar McDonald dan Burger King . Rantai juga berusaha untuk tetap di depan pesaing muncul seperti Five Guys , yang penjualannya 38 % meningkat tahun lalu meraih tempat teratas pada daftar rantai pertumbuhan tercepat disusun oleh kelompok Technomic penelitian.
Bulan ini , Wendy yang disewa Emil Brolick , mantan eksekutif di Yum ! Merek , sebagai kepala eksekutif . Iklan untuk baru burger Wendy star Thomas , senama restoran dan putri pendiri .
Dengan memperbarui klasik 42 - tahun - lama , sekarang tersedia di lokasi 6.500 Wendy nasional , rantai makanan cepat saji berharap untuk parit citra tentang nya .
Dave Thomas , pendiri Wendy mempunyai beberapa menu yang menjadi andalan restoran cepat saji ini antara lain burger, burger memiliki roti mentega , crinkle -potongan acar dan keju tambahan. Alih-alih bawang putih, sayuran Roti daging sapi tebal dan masih persegi , meskipun desainer burger dianggap mengguncang tradisi Wendy.
Dijuluki " Proyek Emas Hamburger , " upaya pembaruan memainkan ke Wendy Co ' s dorongan lebih besar untuk mengejar McDonald dan Burger King . Rantai juga berusaha untuk tetap di depan pesaing muncul seperti Five Guys , yang penjualannya 38 % meningkat tahun lalu meraih tempat teratas pada daftar rantai pertumbuhan tercepat disusun oleh kelompok Technomic penelitian.
Bulan ini , Wendy yang disewa Emil Brolick , mantan eksekutif di Yum ! Merek , sebagai kepala eksekutif . Iklan untuk baru burger Wendy star Thomas , senama restoran dan putri pendiri .
![](file:///C:/Users/hp/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image004.jpg)
![](file:///C:/Users/hp/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image006.jpg)
Mc donald’s
Bisnis perusahaan ini
dimulai pada tahun 1940 dengan dibukanya sebuah restoran oleh Dick dan Mac McDonald, di San Bernardino, California. Mereka memperkenalkan "Speedee Service System"
pada tahun 1948, yang kemudian menjadi pinsip dasar restoran
siap-saji moderen. Maskot awal McDonald's,
yang bernama Speede, adalah seorang pria dengan kepala berbentuk hamburger yang
menggunakan topi koki. Speede kemudian digantikan oleh Ronald McDonald pada
tahun 1963.
McDonald's saat ini tidak
menjadikan tahun 1940 sebagai tahun kelahiran restoran McDonald's. Mereka
memilih 15 April 1955, ketika Ray Kroc membeli
lisensi waralaba McDonald's dari Dick dan Mac di Des
Plaines, Illinois, sebagai hari
kelahirannya. Kroc kemudian membeli saham dari McDonald's bersaudara dan
memimpin perusahaan ini melakukan ekspansi ke seluruh dunia. Saham McDonald's
mulai dijual kepada publik tahun 1965.
Sifat agresif yang dimiliki Kroc bertentangan
dengan keinginan McDonald bersaudara. Kroc dan McDonald bersaudara bertikai
untuk mengontrol bisnis ini, namun akhirnya McDonald bersaudara lah yang pergi
meninggalkan perusahaan. Pertikaian ini didokumentasikan baik dalam otobiografi
Kroc maupun otobiografi McDonald bersaudara. Situs di mana McDonald bersaudara
pertama kali mendirikan restoran kini dijadikan monumen. Dengan ekspansi agresifnya ke seluruh penjuru dunia, McDonald's dijadikan sebagai simbol globalisasi dan penyebar gaya hidup orang Amerika
![](file:///C:/Users/hp/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image008.jpg)
![](file:///C:/Users/hp/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image010.jpg)
![](file:///C:/Users/hp/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image012.jpg)
Target market
McDonalds hampir melakukan pemasaran
massal di seluruh, McDonalds melayani orang-orang yang bergerak cepat yang
sebagian besar bekerja kelas atau siswa dan anak-anak dengan mainan menarik
dengan makan anak-anak mereka. Mcdonalds Cater hampir semua kelompok umur
meskipun orang tua adalah salah satu bagian atau segmen yang tidak ditargetkan
seperti itu.
Pemasaran lokal sangat baik dilakukan oleh Mcdonalds misalnya mereka telah memperkenalkan kentang paty burger dengan saus dan rasa dekat (hindu) masyarakat India. Mcdonalds tungau berkecil hati dengan orang gemuk atau orang tua lain kemudian bahwa itu menarik bagi segala usia dan budaya dengan beragam dan lokal selera mereka dipasarkan.
Pemasaran lokal sangat baik dilakukan oleh Mcdonalds misalnya mereka telah memperkenalkan kentang paty burger dengan saus dan rasa dekat (hindu) masyarakat India. Mcdonalds tungau berkecil hati dengan orang gemuk atau orang tua lain kemudian bahwa itu menarik bagi segala usia dan budaya dengan beragam dan lokal selera mereka dipasarkan.
Perusahaan Wendy’s memilih konsumen atau orang-orang bahwa
produsen atau perusahaan target penjualan. Ini adalah bagaimana mereka
memperkirakan apa penjualan tahunan mereka akan untuk tahun ini. Menurut kami
untuk merabah pasar di indonesia wendy’s masih terlalu asing bagi masyarakat di
indonesia karna menu yang di tawarkan juga terlalu kebarat baratan membuat
masyarakat takut dan kawatir dengan tidak kecocokan cita rasa masakan cepat
saji tersebut
Menu
Menu untuk
Wendy terdaftar di
masing-masing lokasi. Menu juga dapat dilihat di website resmi. Wendy adalah rantai makanan
cepat saji yang mengkhususkan diri dalam western food
khususnya hamburger. Namun menu wendy’s yang
memang masih kental dengan budaya dan gaya hidup makanan barat membuat wendy’s
sedikit merubah menu menunya dengan menyesuaikan dengan lidah dan kebiasaan
orang – orang makan untuk lebih dapat menarik pasar.
![](file:///C:/Users/hp/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image013.jpg)
Menu McDonald
terutama berisi berbagai macam makanan ringan dan makanan ringan. Beberapa item yang paling umum termasuk
Burger dan sandwich, ayam, salad sarapan, makanan
ringan, minuman dan makanan penutup dan Menu mengambil minat dalam kualitas makanan dan diet. Menurut masyarakat awam McD lebih di anggap familiar di
lidah masyarakat besar di manapun terutama indonesia karna menu yang di
sediakan bukan hanya western namun juga banyak kombinasi menu baru yang di
sediakan oleh McDonald’s
Corporate goals
Menurut kelompok kami McDonalds lebih
cepat dapat menarik konsumen di indonesia terutama dengan segala macam promo
yang di berikan setiap tahunnya bahkan setiap bulan, dengan menu yang western
fastfood tapi di sesuaikan dengan lidah orang indonesia membuat McD semakin di
gandrungi dan Wendy’s masih terlalu asing bagi masyarakat indonesia dengan menu
klasik meskipun dalam hal kualitas bisa di sejajarkan dengan McDonald’s.
SOAL
5. AKTIVITAS BLOG KELOMPOK
a.
Tugas Lab F & B activity
1
Nb: untuk melihat activity selanjutnya
silahkan klik di bagian bawah ‘’ klik
disini’’
FEED BACK
1.apa manfaat saudara dapat dengan
pemberian soal, kasus aktivitas di tip pertemuan
menurut
kelompok kami dengan adanya pemberian soal dan kasus aktivitas bisa menambah
pengalaman dan pengetahuan yang bermanfaat bagi kelompok kami.
2. sebutkan saran saudara untuk
peningkatan kualitas pembelajaran akuntansi dan manajemen food and beverage
Saran dari kelompok kami untuk
meningkatkan kualitasnya dengan cara memperbanyak pengetahuan tentang hotel dan
bersangkutan dengan mata kuliah tersebut.
No comments:
Post a Comment